Usia 2,5 Bulan Carpet Seed Mini Dwarf - Aquascape


Setelah memasuki usia 2,5 bulan, carpet seed mini saya terutama bagian depan yang sering dipangkas tampak mengalami perubahan warna menjadi gelap, seperti hidup segan mati tak mau. Akan tetapi berbeda sekali dengan carpet seed mini yang berada di area belakang (background) yang tetap subur. Kemungkinan tetap subur karena memang saya diamkan tanpa dipangkas supaya menjadi tinggi.

Untuk mengatasi kondisi ini, keseluruhan carpet seed mini pada bagian depan saya cabutin pelan-pelan, dan saya ganti dengan Echinodorus Tenellus. Sedangkan pada bagian belakang masih tetap saya diamkan saja karena sangat disenangi udang-udang saya untuk berkembang biak. :)

Sebagai catatan, ketika pada awal sekali, pada bagian dasar akuarium sudah saya sediakan pupuk dasar, dengan asumsi apabila memang harus ganti tanaman maka tidak perlu membongkar ulang akuariumnya. Dan...pada akhirnya memang hal tersebut terjadi.

Jadi bagi teman-teman yang mau menanam carpet seed mini dwarf, tanaman ini tetap tumbuh tanpa pupuk dasar. Namun, untuk jaga-jaga bila akan menanam yang lain juga maka sebaiknya tetap memakai pupuk dasar.

Iseng-iseng saya buat versi videonya, meskipun agak berantakan cara bikin videonya harap dimaklumi yaa....


Bonus video inspirasi, Box Filter Aquarium DIY Kombinasi Pipa dan Talang Air:



Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas