Pakan Ikan Otomatis (auto feeding) Saat Mudik - Resun AF-2009D

Resun AF-2009D
Nah, biasanya kendala para pemilik akuarium, kolam dan sebagainya, sering kebingungan kalau sudah masuk musim mudik. Terutama gimana nasib para ikan dan udang yang ada di dalam tank kita.

Mau nitip tetangga, juga mudik. Mau nitip sodara, kejauhan. Nitip di abang jualan, sama..mudik semua. Malah kadang ada yang rela di jual aja daripada mati kelaperan, atau dicuekin aja dengan anggapan ikan akan kuat.

Hmm..sebenarnya sudah sangat banyak alat pakan ikan otomatis di toko fisik maupun online. Sangat berguna walau mungkin tidak sempurna seperti sehari-hari. Dengan alat ada kalanya kebanyakan atau kedikitan, tergantung kondisi bulir-bulir peletnya juga. Namun setidaknya ada, jauh lebih baik daripada tidak ada makanan sama sekali.





Kalau saya pakainya yang merek resun AF-2009D. Cocok digunakan untuk tank nano sampai dengan 90cm lah. Kebetulan tank saya ukurannya 90x45x45, dengan ikan di dalamnya discus, manfish, neon dan ikan kecil lainnya. Masih cukup.. tapi sepertinya masih perlu alat yang lebih besar 1 tingkat.

Alat ini bisa di setel sampai 4 jadwal. Artinya bisa disetel 1x/hari, 2, 3, sampai 4x/hari. Tergantung kebutuhan aj. Cara settingnya saya agak bingung awalnya, tapi lama-lama terbiasa juga, malah bisa dipakai harian tanpa harus nunggu mudik, hehee...





Sekalian aj nih video gimana setting alatnya, saya upload di channel saya :)


Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas