Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

CO2 Aquascape DIY

Kali ini saya mau sharing tentang cara membuat gelembung CO2 DIY (Do It Yourself) untuk aquascape yang sudah saya lakukan di rumah, dan ini juga berasal dari baca forum-forum aquascape yang kemudian saya praktekkan. Memang sih banyak yang jual tabung CO2, tetapi harganya cukup mahal, sedangkan kalau membuat sendiri dengan modal 50 ribu pun sudah terlalu banyak, haha..

CO2 sangat penting untuk tanaman (selain pupuk dan sebagainya), sehingga asupan CO2 di akuarium memang dibutuhkan selama tidak berlebihan. Berlebihan pun tidak terlalu masalah jika tidak ada fauna sama sekali di dalamnya (murni tanaman). Tetapi kalau ceritanya adalah memelihara ikan dan tanaman, maka kondisi CO2 harus seimbang, tidak berlebih, juga tidak kekurangan.





CO2 yang diberikan ke akuarium juga harus memperhatikan jenis tanaman dan cahaya lampu aquascape. Jika tanamannya berjenis high light berarti cahaya harus kuat, lalu jika cahayanya kuat berarti fotosintesisnya juga kuat, fotosintesis yang kuat maka butuh CO2 yang cukup banyak.

Nah, CO2 yang coba saya buat kurang lebih saya uraikan berikut:

A. Membuat Tempat CO2
  1. Siapkan dua buah botol, satu besar dan satu kecil. Besar berfungsi sebagai reaktor, kecil berfungsi sebagai bubble counter.
  2. Tutup botol besar dilubangi satu, sedangkan botol kecil dilubangi dua, dengan menggunakan solder. (Nantinya ini untuk ditempelkan dengan selang aerator).
  3. Pasang selang aerator di botol besar, dihubungkan ke botol kecil menjulur hingga mendekati bawah botol karena supaya tercelup. Direkomendasikan menggunakan lem kayu. (Lebih bagus ditengah selang dipasang check valve biar arusnya tidak berbalik).
  4. Pasang selang aerator di botol kecil (tidak untuk dicelup), (untuk) dihubungkan ke akuarium. Direkomendasikan menggunakan lem kayu. (Lebih bagus ditengah selang dipasang check valve biar arusnya tidak berbalik).
  5. Ujung selang yang akan ke akuarium, diberi diffuser DIY (saya memakai busa rokok, supaya gelembung menjadi halus dan mudah larut dalam air).
Kira-kira gambarnya begini:



B. Membuat Larutan

Botol besar diisi dengan larutan gula 250 gram + ragi roti (saya pakai merk Fer*ipan) 1/3 sendok teh. Lebih bagus menggunakan air hangat, lalu kocok sebentar saja. Airnya jangan sampai puncak, tetapi cukup mendekati penuh.

Botol kecil diisi air sekitar 3/4 saja. Sehingga dari dua selang, satu tercelup (yang berasal dari botol besar), dan satu tidak tercelup (yang diperuntukkan ke akuarium).

Tunggu beberapa jam, gelembung akan keluar.





Catatan

Direkomendasikan menggunakan CO2 Indicator. Ini untuk melihat kadar CO2 yang ada di akuarium, apakah terlalu berlebih, atau justru kekurangan. Busa rokok yang dijadikan filter apabila tidak dapat memecah gelembung, cukup ganti dengan busa yang baru.

Berikut CO2 Indicator yang saya pakai. Apabila kondisi Biru = CO2 minim, Hijau = CO2 cukup, Kuning = CO2 berlebih.


Btw, mampir-mampir ya ke channel saya, ada beberapa tips terkait Filter Aquarium juga loh :)






Semoga bermanfaat :)

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas