Kaldnes K1 dan Filter Canister

Kaldnes K1

Namanya Kaldnes K1, berfungsi sebagai media filter biologi dalam proses nitrifikasi, alias proses penguraian Amonia menjadi Nitrit, lalu Nitrit menjadi Nitrat. Nitrat ini salah satu unsur yg dibutuhkan tanaman. (Sementara amonia bisa menjadi penyakit baik flora dan fauna di dalamnya).

Dijual di online biasanya per liter dan tanpa tempat. Adapun tempat (semacam gelas) tersebut saya pakai dr housing filter rumah tangga, harganya juga cukup murah kisaran 50k. Penyambungannya: air aquarium naik ke Kaldnes, lalu masuk Canister, turun lagi ke air.

Kenapa Kaldnes cukup bagus? Karena luasan permukaannya cukup luas jika dikonversi ke dalam bentuk datar. Luasan ini lah sebagai rumah bakteri yg berperan dalam nitrifikasi. Secara gamblang, semakin luas permukaan, ya semakin banyak bakteri baik yg bermukim.

1 liter Kaldnes (atau seperti video tsb), mencakup luasan sekitar 800m2 jika dikonversike bentuk datar/lapangan. Jauh lebih baik dan lebih luas dibanding media biologis lain semacam bio ring dan bio ball.

Ciri aquarium yang sudah baik media biologisnya, salah satunya adalah airnya tidak berbau amis. Celup aja tangan ke dalamnya, cium deh.. Klo ngga ada bau sama sekali,, itu media filter biologisnya sudah baik sekali. Tp klo belum dicelup aja sudah kecium bau amis,,pertanda banyak amonia di dalamnya. Menyebabkan yang punya jadi harus lebih rajin WC alias water change.

---

Nah.. Kalau di filter saya, saya meletakkan Kaldnes tersebut ke dalam housing filter, diteruskan ke Filter Canister, lalu turun ke air dibantu filter internal (yang biasanya mendorong saya ganti menjadi penyedot/penarik).

Jadi kira-kira alurnya begini:
  1. Air akuarium naik ke atas akuarium, masuk ke Housing berisi Kaldnes K1.
  2. Selanjutnya air menuju filter canister (saya pakai Jebo 225).
  3. Keluar dari canister, turun ke dalam akuarium dengan dibantu filter internal. (Filter internal saya jadikan penyedot, bukan pendorong, karena sebenarnya ini saya fungsikan sebagai tambahan tenaga saja, bukan utama).
  4. Demikian share saya, semoga menginspirasi bagi pencinta akuarium yang mau mencoba menggunakan kaldnes dengan mekanisme yang saya pakai.

     





    :)

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas