Tips Aquascape bagi Pemula

Buat sobat sekalian, mungkin ada yang mau mencoba dunia aquascape, ada bebarapa hal yang harus diperhatikan. Sebenarnya sangat banyak faktor keberhasilan, tapi setidaknya mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Cari aquarium (tank) sebesar mungkin. Dalam arti jangan cari yg masuk kategori nano (panjang 50 cm ke bawah). Ukuran 60cm sudah batas minimum lah. Karena, tank nano jauhhhh lebih sulit bagi kita menjaga parameter air untuk tetap stabil. Contoh: sekali aj ngasih makan kebanyakan, kandungan air berubah banyak, jadi penyakit bagi semua di dalamnya. Kadar amonia pasti tinggi.

2. Pakai pupuk dasar dan media tanam yg ada kandungan gizi (atau soil). Kalau sekedar pasir malang, silika, dll tidak ada gizi buat akar. Kompensasinya harus banyak pupuk dasarnya.

3. Pakai tanaman dg kebutuhan cahaya dan co2 rendah (low). Banyak referensinya.




4. Fauna adalah komponen terakhir yg dimasukkan, setidaknya 2 minggu setelah air dan tanaman diisi. Menunggu terbentuknya bakteri baik. Kalau langsung fauna ikut nyemplung di hari pertama, siap2 merasa bersalah kepada hewan-hewan tersebut ya..

5. Pakai ikan hias yg kecil, gerombol, dan bersahabat. Jgn maskoki, bisa habis tanaman dan udang hiasnya :D

6. Usahakan pakai co2, bisa yg tablet, bisa juga DIY dr ragi, atau kalau mau agak mahal tapi awettt ya pakai tabung. Sy pakai tabung yg ukuran 2,5 kg, disetel 1 bubble per detik, tahan setahun. Isi ulang cuma 120rb klo tidak salah. Tablet bikin boros, DIY bikin males karena harus diperbaharui tiap 2 minggu, hakdesh :D

7. Ganti air tiap 1 atau 2 minggu, itu pun cukup 30-50 persen. Supaya parameter air tidak berubah drastis, bakteri baik tetap ada.

8. Kalau mau bersihin filter yg sudah sangat kotor, plisss jangan dicuci. Cukup bilas dikit2 pakai air yg ada di aquarium. Bakteri nitrosomonas n nitrobacter dalam siklus pengurai amonia, banyakkk disana. Kalau filter dicuci kinclong, bakalan berbau amonia lagi aquariumnya, dan akan lama lagi bakteri baik terbentuk. Alias, kadar amonia tinggi.

9. Filter yg baik umumnya ada 3 komponen. Biologis, Mekanik, Kimiawi. Perbanyaklah filter biologinya. Referensi dan penjelasannya banyak di internet. Intinya biologis (ada bakteri baiknya) mengurai amonia, mekanik memfilter kotoran kasar dan halus, kimiawi bikin air menjadi lebih bening dan tidak berbau. Saran: pakai filter tipe Canister.




10. Perbanyak fauna pemakan lumut yg bersahabat. Udang red cherry murah meriah, serebuan aj. Keong tanduk 2 rebuan. Beli misalnya 20 ekor tuh udang, lama lama beranak pinak. Kalau ikan misalnya corydoras, ottosinklus, SAE, dkk. Jgn sapu-sapu, lama2 besar dan sekali ekornya ngibas kemana-mana tanaman melayang.

11. Pakai fauna pemakan keong hama. Sy pakai Keong Assasin, goceng sajo. Tanaman yg dijual2 sana, hampir pasti ada keong hamanya, setidaknya dalam bentuk telor yg tidak terlihat dan akan menetas.

12. Jangan pakai alat gelembung udara yg suka kita lihat di aquarium2 non aquascape. Aquarium biasa tidak masalah karena tidak ada khawatir keselamatan tanaman. Tp kalau masuk dunia aquascape, itu semacam "haram" dipakai. Bakal habis semua kandungan CO2 yg kita setel, hilang percuma. Selanjutnya, bersiaplah serangan alga/lumut seseantero, uncontrolable, untuk kemudian berkata "ogah maenan aquascape lg", hehee.. O2 akan tetap ada meski tanpa aerator, yaitu dari perputaran air masuk ke filter, sudah lebih dari cukup. Yang penting, jangan setel CO2 kebesaran, flora sehat fauna kiamat. Tidak seimbang.




13. Soal pupuk lanjutan, beri rutin. Tp jangan kebanyakan. Sisa pupuk yg tidak diserap, bakal disikat sama lumut. Lagi2 serangan lumut. Kalau sy, cuma pakai pupuk tancap. Tiap 3 bulanan, tancep2in beberapa ke tanah skitar tanaman. Area kosong tidak perlu.

14. Lampu, maksimal 8 jam saja lah sehari. Bisa dipecah misalnya pagi 3 jam, sore 5 jam. Sesekali bolehlah nakal dikit dihidupkan seharian. Amannya, pakai timer yg bisa disetel. Mudik pun aman gan... Lebaran 2018 ditinggal hampir 3 minggu, baik2 saja. Makanan dan lampu, pakai timer otomatis semua, wkwk.. :D

15. Selebihnya learning by doing. Beli alat, ikan dan tanaman dimana? Hehe..hampir semua sy belinya onlen, biar bisa cari harga terbaik.

-----
Spesifikasi

Peralatan perlengkapan:
Tank: Gex 90x45x45cm, akrilik. (klo yg kaca mihil)
Filter Jebo 225
Lampu LED Sobo 900
CO2: Tabung, disetel 0,75 bps (hitung manual)
Komponen penunjang CO2 : ista
Pakan : merek mutiara
Pupuk tancap : wondergro

Flora (nama namanya susah, mesti buka history dl, wkwk):
Sword Bleheri
Cryptocorine Wendti Brown
Alternanthera Rosanervig
Crinum Calamistratum
Java Fern
Fisident Moss
Echinodorus Tenellus (yg foreground kek rumput, lama-lama akan menyebar seseantero)
Kadaka
Anubias dll lupa

Fauna:
Neon Tetra
Rasbora Hengeli apa Harlequin gt
Red Nose
Red cherry shrimp
Keong tanduk dan assasin
Guppy

Landscape:
Batu: Lava rock dan batu fosil
Kayu: Rasamala

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas