Membuat Perosotan dari Pipa (DIY)

Kreasi pipa: Perosotan DIY dari Pipa PVC

Kali ini saya mau sharing tentang kreasi pipa membuat perosotan mini dari pipa. Inspirasi membuat perosotan ini dikarenakan memang harga perosotan cukup mahal. Kalaupun ada yang murah, itu perosotan yang kecil sekali, paling-paling cuma 50 cm. Sedangkan yang lebih panjang dari itu sudah menembus 1-2 juta rupiah.

Memang sih, ada yang membuka sewa-sewa perosotan, tapi kalau sewa begitu gimana yah rasanya, malah jadi khawatir rusak. Apalagi kita kan kalo ada mainan anak seperti perosotan supaya anak-anak lain bisa ikut nimbrung di rumah. Bayangin aja kalau perosotan sewa, terus tiba-tiba perosotan rusak atau patah. Ujung-ujungnya kagak bisa beli, tapi bisa ganti. Rugi bandar gan...haha.





Disini saya memakai pipa ukuran 3 inch untuk rangka utama, pipa 2 inch untuk penghubung di tengah, dan pipa 1 inch untuk tangga dan alas perosotan. Tentu saja berbagai sambungan T dan L nya.

Desain ini murni saya sendiri, dikarenakan pas saya browsing di internet, betul-betul susah nyarinya yang model DIY dari pipa. Alhasil saya gambar aja sendiri. Sebetulnya sih...di desain ada gambar pembatas (pagar) supaya aman kalau ada yang main. Tetapi berhubung bahannya habis, proyek pagar perosotannya ditunda dulu lah, yang penting kalau pas anak main harus betul-betul dengan pengawasan.

Untuk peralatan, yang wajib ada antara lain bor, mata bor pipa berbagai ukuran, gergaji besi, dan lem pipa (saya pakai isarplas). Kalau semua bahan dan peralatan ada, tinggal kesabaran pada saat waktu eksekusi yang lumayan perlu tenaga dan waktu. Kecuali kalau ada yang pakai gergaji mesin, semua jadi lebih mudah dan cepat.





Baiklah, supaya ada bayangan, ini langsung fotonya saja yang berbicara, hehe.. :D
Membuat rangka perosotan diy
Membuat rangka perosotan diy
Membuat rangka perosotan diy
Perosotan diy diberi alas
Perosotan diy di tes

Ini foto pas tes dimainkan, lumayan meluncur. Tetapi karena memang kehabisan bahan pipa untuk pagarnya, jadi kita harus betul-betul mengawasi supaya jangan jatuh kesamping. Menambah pagarnya ditunda dulu sampai waktu yang belum ditentukan. :D



Update:Nah, foto di bawah ini yang sudah ditambahkan pagar pengaman supaya tidak jatuh ke samping.
Perosotan DIY dari pipa
Perosotan DIY dari pipa
Perosotan DIY dari pipa

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas