Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Pengalaman Pakai Filter Canister Jebo 225 selama 3 tahun

Saya akan berbagi sedikit pengalaman ber-aquascape menggunakan filter Jebo 225. Filter Jebo 225 merupakan salah satu filter jenis canister yang laris manis di kalangan para scaper. Filter ini cukup tangguh dan masih pas untuk digunakan pada akuarium berukuran sampai dengan panjang 90 cm (seukuran tank saya). Sebenarnya banyak sekali merek dan jenis-jenis filter di pasaran. Baik filter model air terjun, model internal filter, dan salah satunya ya tipe canister filter ini.

Untuk kegunaan aquascape, dimana di dalamnya terdapat kehidupan tanaman air (selain fauna), biasanya menggunakan CO2 (baik tabung, DIY ataupun tablet) yang berfungsi untuk membantu fotosintesis tanaman. Nah, CO2 ini lah yang harus digunakan semaksimal mungkin jangan sampai terbuang percuma, misalnya karena riak-riak air.


Selama hampir 3 tahun menggunakan Filter Canister merek Jebo 225, saya cukup puas. Yang membuat saya puas antara lain:
  • Harga masih bersahabat.
  • Masih cukup tangguh untuk tank saya yang berukuran 90cmx45cmx45cm.
  • Merek yang cukup terkenal, setidaknya saya meyakini bahwa perusahaan akan menjaga nama baik namanya daripada harus menurunkan kualitas.
  • Output 420 L/H dan hanya memakan 5 watt.
  • Karet seal, tutup, dan lain-lain sampai sekarang masih awet, padahal setiap 2 minggu - 1 bulan saya akan buka filter tersebut untuk dibersihkan.
  • Mudah dibersihkan.
  • Dan sebagainya.
Nah, berhubung saya modifikasi jalur filter saya, yaitu ditambah Housing Filter berisi Kaldnes K1, maka Filter Canister Jebo 225 saya fungsikan hanya sebagai Filter Mekanik dan sedikit berfungsi Filter Kimiawi. Karena sebagai Filter Mekanik, maka filter Jebo tersebut bisa saya cuci sesuka hati saya, tanpa harus khawatir kehilangan bakteri yang sudah terbentuk. Toh, bakteri tersebut sudah diberikan rumah khusus pada Housing Filter dengan Kaldnes K1-nya. Selain itu, Filter Canister Jebo 225 saya juga sudah tidak standar, dalam artian isi di dalamnya sudah saya ganti semua (busa, carbon, ditambah kerikil, jaring, Kaldnes, dll).


Namun, bagi rekans yang hanya menggunakan 1 filter saja, misalnya Canister saja, maka saran saya agar mencucinya pakai air akuarium saja, dan cukup bilas saja, jangan dicuci bersih seperti video yang saya share di bawah artikel ini ya.. Sayang kalau bakteri pengurainya habis terbuang, padahal bermanfaat untuk nitrifikasi, hehe.. :)

Baiklah, ini video saat pembersihan Filter Canister Jebo 225 tersebut.


Btw anyway busway.. kalau mau coba Filter Canister DIY, mungkin bisa cari inspirasi dengan lihat video ini, manatau rekan semua ada versi sendiri, karena biasanya masing-masing orang akan berbeda hasilnya, misalnya kalau saya jadinya begini :



Semoga bermanfaat :)

#jebo
#jebo225

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas