Carpet Seed Mini Dwarf - Aquascape


Hola...kali ini saya mau cerita lagi tentang aquascape, terutama tentang bibit yang baru-baru ini lagi booming yaitu carpet seed. Entah lah, sampai sekarang saya tidak tau persis nama aslinya, hanya saja para penjual online menyebutnya Carpet Seed Mini Dwarf atau juga Magic Seed.

Cara menanamnya pun sangat gampang jika dibandingkan dengan tanaman-tanaman karpet aquascape yang selama ini sudah ada seperti glosso, montecarlo, marsilea hirsuta, dan sebagainya. Yakni cukup dengan menabur bibitnya di substrat (bisa pasmal atau soil), dibuat lembab setiap hari, dan pada hari ke-10 sudah lebat dan bisa diisi air penuh.

Baiklah, langsung ke tahapannya aja ya.




Pertama-tama, siapkan aquarium, lampu akuarium, dan substratnya. Karena bibit yang akan ditanam ini mudah tumbuh, pakai pasir malang pun sudah cukup. Tetapi saya tetap menggunakan pasir malang di bagian dasar, lalu pupuk dasar sedikit, dan ditimpa lagi dengan soil. Saya menggunakan pupuk dasar dan soil, karena diasumsikan suatu saat saya akan menambahkan tanaman lain.



Bentuk atau kontur tanah bebas sesuai selera ya..
 

Selanjutnya, taburkan Carpet Seed Mini Dwarf-nya ke atas substrate tersebut secara merata, jangan terlalu rapat tetapi juga jangan terlalu renggang. Hari penaburan bibit saya anggap sebagai hari ke-0 ya...belum dihitung hari pertama.



Setelah semua ditabur, lakukan hal ini:




  1. Lakukan penyemprotan dengan air. Bisa menggunakan alat untuk semprotan kaca dan atur sampai pada semprotan yang paling halus. Lakukan penyemprotan setiap pagi hari dan sore/malam hari. Ini bertujuan untuk membuat bibit selalu dalam keaadan lembab.
  2. Lakukan penyinaran dengan lampu aquarium 8 jam per hari. (atau apabila diletakkan di luar rumah, maka tidak perlu lagi lampu aquarium, cukup dari cahaya matahari. Syaratnya, jangan kena matahari secara langsung !!!)
  3. Tutup dengan plastik bening (semacam wrap buat bungkus buah) pada bagian atas aquarium, supaya tetap lembab. Efeknya kaca akan mengembun di sisi dalam dan tampak buram, tapi itu normal jadi abaikan saja.
  4. Lakukan poin 1 s.d. 3 di atas selama 8-10 hari, disesuaikan dengan kondisi tanaman.



Pada 24 jam setelah penaburan bibit, belum ada tanda-tanda tumbuh. Pada hari ke-3, sudah mulai tumbuh tunas-tunas meskipun belum tumbuh secara merata di semua lini.




Berikut adalah perkembangan pada hari ke-6 Carpet Seed Mini Dwarf.



Jaga terus kelembaban dan durasi cahaya untuk memastikan bibit terus tumbuh dengan baik.






Pada hari ke 9-10, apabila dirasa tanaman sudah cukup banyak, maka dapat segera dilakukan pengisian air hingga penuh. Pengisian agar dilakukan dengan sangat hati-hati untuk mencegah tanaman lepas dari substrat, karena memang tanaman ini mudah lepas. Bisa menggunakan mangkok, atau dengan mengalirkan air di atas batu, kayu, dan sebagainya dengan debit air yang tidak deras.


Setelah diisi air, sebaiknya JANGAN langsung diisi dengan fauna apapun. Lingkungan belum baik untuk fauna meskipun sudah cukup baik untuk tanaman. Pada periode ini, lakukan:

Pergantian air setiap 2-3 hari sekali sebanyak 50 persen saja. Jangan dihabiskan, jangan pula cuma menggantinya sedikit. Hal ini merupakan bentuk pengendalian kadar air, serta masih dalam periode pembentukan bakteri yang baik. Lakukan selama 7-10 hari.




Berikut foto perkembangan pada periode yang baru saya sebutkan di atas.




Yak, setelah kurang lebih 10 hari, periode pembentukan lingkungan sudah lumayan, meskipun masih jauh dari cukup. Pada periode ini sudah dapat diisi dengan fauna, namun sebaiknya sedikit-sedikit dulu. Saya memasukkan fauna dengan mencoba beberapa udang dan ikan neon tetra, apabila sehat wal afiat, berarti kondisi air sudah cukup baik.

Setelah ikan neon tetra dalam keadaan baik, berikutnya saya masukkan juga ikan rasbora hengeli. Saya menyukai ikan-ikan yang bisa schooling macam kedua jenis ikan tersebut, karena penguasaan panggung cukup baik, hehehehe.......





Tanaman ini meskipun banyak yang bilang sebagai Carpet Seed, sebetulnya dia akan tumbuh ke atas, bukan ke samping. Daunnya yang semula kecil-kecil mini nan imut, sejalan dengan waktu akan berubah menjadi daun yang panjang ke atas seperti tanaman stem.

Foto di bawah ini usia baru sekitar 3 minggu.


Untuk perawatan, lakukan pergantian air sebanyak 30 persen setiap minggu ya, supaya kondisi air selalu bagus, baik bagi tanaman maupun faunanya.


Usia Carpet Seed Mini Dwarf menginjak 1 bulan seminggu (5 minggu) dan mulai gondrong. Saya potong bagian depan, dan saya biarkan saja pada bagian belakangnya.







 


Demikian cerita singkat mengenai Carpet Seed Mini Dwarf saya. Untuk melihat videonya, saya share di bawah ini ya... :)

Video usia 1 bulan
 

Video usia 1,5 bulan




Video selengkapnya (1 playlist) berikut ini:



Selamat mencoba...!


Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas