Tips Memelihara Udang Hias Red Cherry

Baiklah, kali ini saya mau sedikit share mengenai cara memelihara udang hias red cherry (red cherry shrimp) pada aquarium atau aquascape.

Red cherry shrimp / udang hias red cherry

Sebagaimana sifat udang pada umumnya, mereka menyukai air yang banyak tanamannya, baik sebagai sumber makanan (lumut dan lainnya), juga sebagai tempat persembunyian sekaligus reproduksi. Tapi bukan tidak mungkin pula beternak udang tanpa tumbuhan sama sekali di dalam aquarium loh ya. Hanya saja, mereka lebih menyukai yang banyak tanamannya.
Bagi sobat yang baru nyoba aquascape dan pengen ada udang red cherry di dalamnya, berikut beberapa tips dari saya:


  • Pelihara udang red cherry bersamaan dengan ikan yang bersahabat. Ikan yang bersahabat banyak kok dan murah-murah, seperti ikan-ikan tetra (neon, cardinal, red nose), ikan guppy, rasbora, corydoras, dan ikan-ikan kecil lainnya.
  • Jangan bersamaan dengan ikan agresif (agresif terhadap hewan kecil macam anakan udang) seperti discus, manfish (angle fish), dan lainnya.
  • Perbanyak tanaman. Tanaman air apa saja yang dijual di abang aquarium sudah cukup. Jenis-jenis moss mereka juga suka. Tipe rumput pun sangat disukai anakan udang red cherry.


  • Perbanyak kayu dan bebatuan, sebagai tempat mereka jalan-jalan sekaligus reproduksi ataupun tempat persembunyian.

  • Seminggu sekali ganti air, cukup 50 persen saja. Udang red cherry shrimp rentan terhadap perubahan parameter. Kalau suatu saat udangnya ada yang hamil, artinya airnya sudah bagus. Jangan sekali-kali ganti air secara total, cukup 50 persen saja perminggu.
  • Pengalaman saya melakukan tips di atas, beli udang red cherry 20 ekor, dalam dua bulan tumbuh lebih dari 100 ekor. Tapi kemudian saya memelihara discus dan manfish, semua habis. Jadi jangan dicontoh ya nekat masukin discus dan manfish ke tank red cherry, kecuali memang mau menjadikan red cherry sebagai mangsa, setidaknya anak udangnya. :D
Jangan lupa enjoy this video :)


Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas