Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Lampu Meja dari Pipa Bekas

Lampu Meja DIY
(UPDATE: Video lengkap paling bawah artikel ini)


Lampu meja dari pipa (DIY)

Baiklah, kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat lampu meja (DIY) di rumah. Berawal dari baca-baca tentang Lighting rumahan dimana intinya adalah dalam keadaan santai kita tidak perlu lampu yang terang. Cukup gunakan lampu warm yang soft tidak menyilaukan, akan membuat mata kita lebih rileks. Saya lantas berpikir, pantas saja di kamar hotel selalu ada lampu soft warm nya, supaya perasaan menjadi lebih rileks.

Nah, lampu meja begitu dan sejenisnya biasanya dijual lumayan mahal. Tapi kalau pakai lampu belajar sepertinya kurang elegan, hehe.. Maka saya pun coba membuatnya, tentu dengan biaya yang jauh sangat murah, tapi elegan. :D


Peralatannya pun sederhana, bukan peralatan ini itu yang sering dipakai pengrajin lampu hias dan serba lengkap, tetapi hanya peralatan yang biasa dan sering dijumpai ditoko bangunan dekat rumah.

Untuk membuat lampu meja hias (versi yang akan saya share ini), hanya membutuhkan barang berikut:

Peralatan membuat lampu meja

  • Pipa bekas dan tutup pipa ukuran 4 inch. Panjang pipa sesuai selera, saya hanya pakai ukuran panjang sekitar 25 cm.
  • Alat bor listrik beserta mata bor khusus melubangi pipa/kayu. Nah, Mata bor pipa ini banyak dijumpai kok di toko bangunan maupun online. Yang biasa aj juga sudah cukup, tidak perlu yang mahal-mahal. Kalau saya dulu pernah nyoba hidroponik, jadi mata bor pembolong ini tidak perlu beli lagi. Masih bagus pulak walau sudah berapa tahun. Jadi seharusnya tidak dihitung sebagai bahan untuk bikin lampu, karena sifatnya yang bisa berkali-kali. :D
  • Amplas. Dipakai untuk memperhalus pipa setelah dilubangi.
  • Kabel listrik biasa dan colokannya. Kalau ada alat elektronik rusak dan tidak terpakai, potong saja kabelnya dan pakai buat ini, hehe..
  • Rumah lampu beserta lampu. Cari rumah lampu yang sudutnya tidak lancip, biar muat diletakkan di tutup pipa. Untuk lampu, saya pakai lampu LED 3 watt, dengan warna Warm White 4000 Kelvin (kekuningan), agar memberi kesan elegan.
  • Cat semprot. Saya pakai warna Gold, dan hasilnya cenderung seperti Bronze (perunggu). Bisa juga warna silver, maka lampu yang dipakai warna putih.
  • Fiber putih blur. Untuk menutupi sisi dalam ketika semua sudah jadi dan siap pakai.

Tahapan Membuat Lampu Meja (DIY)


Pertama-tama, lubangi pipa dengan mata bor pipa. Peletakan lubang ataupun ukurannya, sesuai selera masing-masing. Sekalian melubangi tutup pipa dan rumah lampu juga, tujuannya adalah untuk tempat jalur kabel nantinya.
Pipa 4 inch dilubangi

Tutup pipa dan rumah lampu dilubangi untuk jalur kabel

Selanjutnya lakukan pengecatan dan cat semprot (sering disebut pillox), merek bebas aj. Saya pakai sesuai gambar ini, dengan warna Gold (walaupun hasilnya lebih ke Bronze tapi tetap cantik.
Pengecatan pipa

Tunggu sampai kering, atau kira-kira sudah aman disentuh tangan setelah 3 jam. Memang sih belum kering sempurna, tapi setelah 3 jam sudah bisa kita lakukan langkah selanjutnya kok, yaitu pemasangan rumah lampu beserta kabel listriknya.
Masukkan kabel lewat lubang yang sudah dibuat sebelumnya

Pasang rumah lampu pada tutup pipa. Saran:beri sedikit lem supaya rumah lampunya mantab.


Setelah itu, gabungkan pipa dan tutup pipa beserta lampunya. Boleh langsung diberi lem pipa. Lakukan pengetesan awal untuk memastikan lampu menyala dengan baik.
Pengetesan awal

Apabila sudah dipastikan lampu menyala dengan baik, berikutnya memasang fiber warna putih blur. Fiber dimaksud untuk membuat lampu menjadi lebih soft dan menyebar. Fiber tersebut tidak perlu di lem agar memudahkan penggantian jika diperlukan. Cukup lingkarkan saja dengan ukuran yang pas dengan lingkaran bagian dalam pipa.
Pemasangan fiber blur ke pipa

Langkah terakhir yaitu meletakkan lampu meja (DIY) tersebut ke posisi yang diinginkan seperti di atas meja tamu, di rak, dan sebagainya.


Lampu Meja (DIY)

UPDATE VIDEO 2 DESEMBER 2019:




Selamat mencoba :)
 
Kreasi pipa lainnya:


Popular posts from this blog

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas