Pengalaman Menggunakan Mesin Jahit HS Jack F4

Mesin Jahit Jack F4

Sudah lebih dari 1 tahun ini saya menggunakan mesin jahit high speed (HS) dinamo servo merk Jack F4. Sebelumnya saya menggunakan mesin portable singer HD 4423 kurang lebih sejak 2016. Keunggulan dari HS dinamo servo dibandingkan dengan HS yang biasa adalah dipengaturan kecepatan. HS dinamo servo kecepatan menjahit nya bisa diatur dari kecepatan rendah sampai tinggi sehingga mudah pengoperasiannya bahkan untuk pemula. Sedangkan HS yang biasa lumayan ngebut karena itulah mesin ini disebut high speed (kecepatan tinggi) dan juga memakan listrik yang lumayan besar dibandingkan dengan dinamo servo.



Awalnya saya tertarik membeli mesin HS dinamo servo merk Typical, karena sudah banyak yg menggunakan (lebih dulu dijual di Indonesia dibandingkan Jack F4) dan cukup recommended menurut penggunanya. Lalu saya melihat ada yang menjual varian lain yg juga memakai dinamo servo yakni merk Jack F4. Akhirnya saya memilih membeli Jack F4 dibandingkan Typical servo, berikut beberapa alasannya:
  • Di toko langganan saya di market place harga Jack F4 sudah termasuk meja dan ongkir free antar jabodetabek lebih murah dibandingkan dengan typical servo (harga berbeda2 tergantung daerah dan toko)
  • Dari beberapa penjual mengatakan service resmi Jack F4 ada di Indonesia
  • Beberapa teman satu hobi yang pernah mencoba kedua tipe ini menyatakan keduanya enak dipakai tapi lebih merekomendasikan merk Jack F4 dengan alasan lebih stabil
  • Segi tampilan saya lebih suka Jack F4, lebih segar dengan list biru pada mesinnya



Setelah setahun lebih ini saya menggunakan mesin jahit HS Jack F4 yang saya rasakan:
  • Jahit tebal tentu lebih lancar dibandingkan mesin portable yang dulu saya pakai dan lebih stabil karena mesin dan meja yang kokoh
  • Menjahit tipis juga lancar, tinggal diganti ukuran jarum, benang, dan settingan tension
  • Suara halus dan tidak berisik. Ini sangat membantu saya yg mempunyai balita dan batita dirumah
  • Menjahit tas jadi lebih cepat
  • Kalau tiba tiba ada yang error mesin akan otomatis berhenti dan tertera kode error. Tinggal buka buku panduan penyebab errornya apa, paling sering benang yang nyangkut dan cukup mudah mengatasinya
  • Bisa dipakai menjahit kulit sapi diketebalan tertentu, tapi tentu saja karena memang bukan diperuntukkan khusus menjahit kulit asli maka tidak setangguh mesin jahit walking foot ataupun cangklong.
Untuk kekurangannya seperti mesin HS pada umumnya, mesin ini ga ada kolong / free arm layaknya mesin jahit portable ataupun mesin jahit cangklong sehingga menjahit mulut tas yg tebal sedikit butuh effort.

Mesin Jahit Jack F4
Sejauh ini saya cukup puas dengan performa mesin ini. Cukup tangguh, ga berisik, dan hemat listik. Saran saya dalam membeli mesin jahit yakni belilah sesuai kebutuhan. Jika kebutuhan kita hanya untuk menjahit sesekali dan bukan untuk konveksi saran saya mesin portable sudah cukup. Tapi jika mesin jahitnya sekiranya akan sering digunakan hampir setiap hari maka menurut saya lebih baik beli mesin jahit HS saja.

Semoga tulisan saya ini dapat membantu teman teman semua. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lampu Hias Meja (DIY) dari Paralon / Pipa | Kreasi Pipa

Tutorial Menjahit Masker 3D (Dewasa) dengan Slot Filter

Cara Memaksimalkan Ruang Box Filter Aquarium

Pelapis dalam Pembuatan Tas

Cara Membuat CO2 (DIY) untuk Aquascape

Pengalaman Menggunakan Filter Jebo 225 (Canister) Selama 3 Tahun

Laptop Lemot Jangan Buru-Buru Beli Baru, Coba Upgrade HDD ke SSD Dulu, ASUS X441M

Susunan Isi Box Filter Aquarium | Unsur Mekanis, Biologis, Kimiawi

Berbagai Tutorial Cara Membuat Masker (Tali / Karet / 3D / Masker Hijab / Masker Anak)

Cara Membuat Media Rumah Bakteri Kaldnes, Cukup Botol Bekas